Wednesday, March 25, 2009

Holy Mass


KETAATAN ABRAHAM

Allah menghargai ketaatan. Firman-Nya menyatakan, Ia lebih senang bila kita taat daripada kita mempersembahkan korban persembahan yang hebat dan mahal (1 Sam. 15:22). Dalam kehidupan Abraham, ketaatan merupakan prinsip yang memotivasi kehidupannya. Ia dengan rela menaati Allah, bukan karena hukum, melainkan karena kasih. Kalau kita mengasihi Allah, seperti dikatakan Rasul Yohanes, perintah-perintah Allah itu ringan. "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintahku," kata Yesus (Yohanes 14:15).

Keputusan Abraham untuk mengikuti Tuhan bukanlah karena ia berpegang pada sederet hukum dan peraturan. Hukum Taurat belum diberikan pada saat itu. Sebaliknya, ketaatan Abraham murni dari hatinya yang menyembah Allah. Kalau memperhatikan kisahnya, kita akan segera terpikat dengan gambaran rinci mengenai imannya -- kerelaannya untuk meninggalkan kaum dan bangsanya demi ketaatan pada panggilan Allah; kerendahan hatinya di hadapan Tuhan ketika Tuhan menyatakan perjanjian; kerelaannya untuk mengorbankan anaknya bilamana perlu untuk mendemonstrasikan ketaatannya kepada Tuhan. Namun demikian, ada dimensi lain dari ketaatan Abraham yang sering kurang diperhatikan, khususnya dalam masyarakat saat ini yang dilanda kemerosotan moral dan rohani.

Sejak awalnya, Abraham mengambil keputusan yang benar. Ketika Tuhan memerintahkannya untuk pergi dari bangsanya, yaitu Ur-Kasdim, Abraham segera mengumpulkan kaum keluarga dan kawanan ternaknya dan bersiap pergi ke negeri yang akan ditunjukkan Tuhan. Kejadian 1:28 mencatat bahwa Abraham "pindah dari situ ke pegunungan di sebelah timur Betel. Ia memasang kemahnya dengan Betel di sebelah barat dan Ai di sebelah timur, lalu ia mendirikan di situ mezbah bagi Tuhan dan memanggil nama Tuhan."

Oswald Chambers menulis, "Betel adalah simbol persekutuan dengan Allah; Ai adalah simbol dunia." Memasang kemah di antara kedua kawasan itu menunjukkan bahwa Abraham harus mengambil keputusan. Hasratnya untuk menyembah Allah dan hidup oleh iman mengalahkan daya tarik kesenangan dunia ini, dan Abraham melanjutkan perjalanannya untuk menerima kepenuhan berkat Allah.

Masih ada ujian lebih besar yang harus dihadapi Abraham. Keponakannya, Lot, menyertainya meninggalkan Ur. Tidak lama kemudian tampak terlihat bahwa Abraham dan Lot harus berpisah. Abraham mengenal Allah, sedangkan Lot diam-diam ingin menikmati kehidupan duniawi. Ia secara sadar memilih hidup di lembah Yordan, tempat Sodom dan Gomora berada. Sebaliknya, Abraham melanjutkan perjalanan ke kawasan Kanaan yang bergunung-gunung.

Ada saatnya, Allah membentangkan di hadapan kita suatu kesempatan untuk memilih jalan-Nya atau jalan dunia ini. Pilihan ini mungkin berkaitan dengan pergaulan atau kegiatan tertentu. Segala sesuatu yang mengganggu ibadah kita kepada Tuhan harus ditinggalkan, kedantipun harganya sangat mahal.

Lot tidak berjalan dengan Allah, setidaknya tidak seperti kehidupan Abraham. Sikap berkompromi dan ketidaktaatan rohaninya inilah yang menjadi sumber rentetan kesulitan yang dialaminya. Sebaliknya, ketaatan Abraham menggerakkan hati Tuhan untuk memberikan kepadanya suatu janji yang luar biasa: "Lalu Tuhan membawa Abram ke luar serta berfirman: 'Coba lihat ke langit, hitunglah bintang-bintang, jika engkau dapat menghitungnya…. Demikian banyaknya nanti keturunanmu…. Akulah Tuhan, yang membawa engkau keluar dari Ur-Kasdim untuk memberikan negeri ini kepadamu menjadi milikmu'" (Kej. 15:5-7).

Ketaatan kepada Allah adalah karakter orang-orang yang kuat di dalam roh. Abraham bisa saja menuruti jalan yang ditempuh Lot dengan berdiam di antara orang-orang yang hidup dalam kepercayaan dan perbuatan yang jauh dari pengenalan akan Allah. Namun, kasih dan imannya kepada Tuhan membuatnya tetap teguh dalam komitmennya kepada Tuhan.

Allah selalu memberkati ketaatan. Sama seperti Ia memberkati Abraham, Ia berhasrat untuk memberkati kita setiap kali kita menaati Dia. Namun, seperti halnya Abraham, untuk berjalan dalam ketaatan, kita akan menghadapi tantangan, yang bisa jadi berarti menempuh jalan yang tidak populer bagi dunia ini. Akan tetapi, sebagai anak Allah, tidak ada lagi cara untuk menjalani kehidupan ini selain melalui iman dan ketaatan. Di luar itu, kita akan hidup jauh di bawah taraf yang ditentukan Allah bagi kita. Maukah Anda mengikuti jalan Abraham?

Thursday, March 19, 2009

Sunday, March 15, 2009

PENGALAMAN MISTIK KATOLIK

Kita tahu bahwa Roh Kudus selalu bekerja dalam diri kita. Apabila kita melakukan doa-doa dengan tekun secara terus menerus, diiringi dengan berbagai askesis (latihan rohani) untuk mengimbangi doa itu, dan makin hari makin menyerahkan diri pada bimbingan-Nya, makin menyerahkan seluruh hidup kita kepada-Nya, maka suatu hari akan nyata Ia semakin aktif dalam diri kita dan karya-Nya akan semakin jelas lagi. Roh Kudus merupakan kehadiran yang sangat dinamis dalam hidup kita. Jika berdoa, awalnya memang dibutuhkan usaha dari kita sendiri. Akan tetapi, lama-kelamaan jiwa akan makin menjadi pasif, hingga akhirnya sikap kita hanyalah suatu keterbukaan belaka terhadap Roh Kudus. Roh Kudus menopang, menjiwai, dan menguatkan seluruh ada kita. Dan Roh Kudus juga menarik kita untuk ambil bagian makin hari makin dalam, dalam hidup Allah sendiri, dan Ia membimbing kita untuk semakin rela masuk dalam dunia ilahi itu. Sayangnya, banyak orang kristen yang tidak menyadari akan karya Roh Kudus yang mengagumkan ini. Atau bahkan ada yang terlalu takut untuk membiarkan Roh berkarya dengan bebas dalam dirinya. Harus diakui, Roh Kudus kadang-kadang memang membingungkan, karena seringkali jalan-Nya, tindakan-Nya, tidak sama dengan pikiran kita. Kalau kita membiarkan Roh bekerja dalam diri kita maka kita akan mengalami bahwa, “… rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.” (Yes. 55:8) Oleh karena itu, kadang-kadang kita takut membiarkan Roh itu bekerja sebagaimana mestinya dalam diri kita. Padahal, sesungguhnya Roh itulah yang dijanjikan Yesus kepada murid-murid-Nya, “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.” (Yoh 14:16-17). Roh Kudus berkarya di kedalaman lubuk jiwa kita; di suatu tempat yang melampaui pikiran kita, panca indera kita. Di sanalah Ia selalu aktif. Begitulah, Roh Kudus berdoa di dalam kelemahan kita, Ia membantu kita supaya kita dapat berdoa sebagaimana mestinya. Dewasa ini, kadang ada salah penafsiran, bahwa Roh Kudus yang berdoa di hati kita hanya dalam bahasa roh. Ini salah sama sekali, bahkan terlalu menyempitkan. Roh Kudus bisa berdoa di dalam hati kita dengan berbagai macam cara, tetapi yang tertinggi adalah dalam kontemplasi.
Maka dalam pusat ada kita, Roh Kudus menjadikan kita putra-putra Allah, dan memberi kesaksian bahwa kita adalah putra Allah. Ini merupakan suatu pengalaman yang mendalam yang mampu mengubah hidup manusia. Di situ kita mengalami perjumpaan dengan Allah secara hidup dan mengalami dorongan-dorongan Allah dalam iman. Imanlah yang menyertai perjalanan hidup kita menuju Allah, yang membimbing kita semakin lama semakin terang hingga akhirnya antara kita dengan Allah bagaikan hanya terpisah oleh tirai yang tipis saja.
Jika Roh Kudus aktif di lubuk jiwa kita dan kita melihat karya-Nya maka saat itu mulailah apa yang disebut dalam tradisi Gereja pengalaman mistik, yaitu teologi yang melampaui segala pengertian dan pengalaman manusia yang biasa. Melampaui pikiran dan gagasan manusia, tak mungkin diungkapkan secara kodrati, tak dapat dirumuskan lewat konsep-konsep, maupun gagasan. Suatu pengenalan Allah yang begitu dalam karena Ia sendiri melampaui segala sesuatu. Di antara para Bapa Gereja dikatakan orang barulah mengenal Allah jika ia sungguh menyadari bahwa Allah tidak dapat dikenal. Oleh karena itu, dalam tradisi Bapa Gereja ada yang disebut docta ignorantia, yaitu suatu ketidaktahuan yang mengandung suatu kekayaan. Walaupun tidak tahu atau tidak mengerti secara jelas dan gamblang, tetapi kita belajar banyak karena mengalami pengalaman Allah yang sangat dalam hingga tak terungkapkan.
Pengalaman ini merupakan suatu karunia Allah yang sangat indah dan patut kita hargai. Dan pengalaman ini merupakan suatu karunia Allah semata yang tidak bisa diciptakan manusia. Manusia bisa merindukannya, tetapi tidak bisa membuatnya. Kadang karena terlalu rindu banyak orang mengira melihat-Nya padahal tidak. Jika kita setia, suatu saat Tuhan akan menampakkan diri kepada kita melalui suatu sentuhan, bukan secara lahir, melainkan lewat suatu sentuhan di kedalaman hati kita. Pada saat itu segala sesuatu akan menjadi tanpa arti lagi, dan segala yang kita kenal menjadi tidak berarti. Dalam catatan riwayat hidupnya, St. Thomas Aquino berkata, “Dibandingkan yang saya alami saat ini, segala yang saya tulis hingga sekarang ini bagaikan jerami belaka.” Padahal St. Thomas seorang yang sangat pandai, buah-buah pikirannya yang bagus dan menjadi sumbangan yang sangat berarti bagi Gereja telah dituangkannya dalam tulisan. Kumpulan tulisannya sangat banyak dan bermutu sehingga oleh Gereja pun ia digelarkan sebagai Pujangga Gereja. Namun, di akhir hidupnya ia mengatakan bahwa itu semua bak jerami belaka, karena apa yang bisa ia tulis bisa dibilang sedikit sekali dibandingkan dengan apa yang diberikan Tuhan kepadanya.
Ada banyak kesaksian dalam Gereja bahwa pengalaman mistik ini wajar terjadi karena merupakan perkembangan biasa dari rahmat permandian. Bila Tuhan suatu saat menjamah orang, memberikan sentuhan yang langsung menyentuh jiwanya maka orang ini akan mendapatkan suatu bantuan besar dalam hidupnya yang mengembangkan iman, harapan, dan cintakasihnya. Selain itu, juga menjadi suatu bantuan yang besar dalam hidup doanya. Kalau Tuhan menarik jiwa lebih dalam, maka jiwa akan sampai kepada keheningan, tempat kita ditarik oleh Allah, sehingga rasanya tidak ada usaha lagi dari diri kita. Itulah doa mistik, suatu persatuan dengan Allah yang lebih dalam lagi, dan tanpa usaha sama sekali dari manusia, Allah melimpahkan dan mencurahkan rahmat-nya yang menyegarkan hidup kita.
St. Teresa Avila membandingkan proses hidup doa dengan orang yang hendak mengairi kebunnya. Awalnya ia membawa air dengan ember dari tempat yang jauh, lalu menyirami kebunnya. Ini dibutuhkan usaha keras dan bahkan membuat orang tersebut lelah dan berkeringat. Demikian pula hidup doa kita, awalnya butuh ketekunan, dengan usaha sendiri yang melelahkan; menuntut banyak sekali kerja. Tahap selanjutnya adalah mengairi kebun dengan saluran air. Kita tinggal atur saluran, kebun pun mendapatkan air dengan lebih cepat, tidak terlalu lelah, dan hasilnya pun lebih baik. Yang ketiga manusia sama sekali tidak usaha, hujan turun sehingga tanpa kerja apa-apa kebunnya basah.
Demikianlah hidup doa manusia tak jauh seperti itu. Apabila sudah sampai pada tahapan yang ketiga, jiwa mengalami suatu perjumpaan dengan Allah yang mendalam sekali tanpa usaha apa pun. Walaupun sebetulnya, perjumpaan dengan Allah ini masih terjadi di dalam iman. Dengan demikian, iman jadi semakin hidup, cintakasih berkembang, dan harapan lebih kuat.
Oleh karena itu, jika manusia berada dalam keadaan seperti itu terus menerus, semakin hari ia akan semakin reflektif terhadap Allah, dan makin terbuka terhadap segala karunia-Nya. Ketujuh karunia Roh Kudus akan menjadi semakin berkembang dan khususnya lagi Roh Kudus jadi semakin aktif dan makin tampak dalam dirinya. Memang setelah mengalami pencurahan Roh Kudus, akan tampak pula dalam diri seseorang Roh Kudus jadi lebih aktif. Akan tetapi, setelah itu bisa luntur. Lain halnya dengan pengalaman doa mistik ini, suatu pengalaman yang lebih dalam sehingga menjadi semacam pencurahan Roh yang dalam sekali sifatnya.
Karunia-karunia bagaikan dawai-dawai yang kapan saja dapat dipetik oleh Roh Kudus dalam diri kita. Dengan demikian, melalui karunia itu Roh Kudus memainkan suatu nada dalam jiwa kita. Maka kita jumpai karunia takut akan Allah, yaitu suatu karunia yang memungkinkan manusia untuk mengagumi Allah dengan rasa hormat yang besar. Bukan takut hukuman, tetapi suatu karunia untuk merindukan Allah, melihat kekudusan dan kebenaran-Nya. Karena itu Roh Kudus memberikan sentuhan sehingga manusia mengalami dan menerima suatu kekuatan/energi khusus dan kegembiraan yang besar untuk melakukan kehendak Allah. Karena pada umumnya seringkali manusia tahu, tetapi enggan atau tidak bisa melakukan kehendak Allah.
Kemudian juga kita akan mempunyai pengertian yang lebih dalam lagi tentang Allah sehingga di hati timbul suatu cinta, suatu kehangatan, kemesraan, cinta anak kepada Bapa. Inilah karunia kesalehan. Juga Roh Kudus akan membimbing kita sehingga kita mampu mengenali kehendak Allah dalam setiap situasi. Manusia tidak lagi berpikir-pikir apa yang dikehendaki Allah, tetapi secara intutitf sudah dapat merasakan apa yang menjadi kehendak Allah. Ibarat perangkat radio, yang peka tentu akan dapat menangkap gelombang pemancar dari tempat jauh sekali pun. Demikian pula para kudus umumnya mempunyai kepekaan yang besar untuk dapat merasakan dorongan-dorongan kehendak Allah. Inilah karunia nasihat.
Orang yang mendapatkan rahmat pengalaman mistik yang otentik, juga akan berkembang dalam karunia pengetahuan. Karunia ini memampukan kita untuk dapat bersukacita di hadapan Allah seperti anak kecil yang penuh kekaguman di hadapan bapanya. Kita mengagumi-Nya karena dapat melihat berbagai karya-Nya, yang semuanya itu mendorong kita untuk dapat selalu memuji dan bersyukur kepada Tuhan. Karunia pengetahuan ini tidak sama dengan sabda pengetahuan. Tuhan juga akan memberi kita pengertian yang mendalam mengenai misteri Allah sendiri. Dengan demikian kita dapat mengenal Allah melalui Sabda-Nya dan ciptaan-ciptaan, dalam segala-galanya kita mengagumi karya Allah. Inilah karunia pengertian.
Dan akhirnya kita akan mendapat karunia mengenal Allah, inilah pengenalan yang sangat dalam yang merupakan bagian hakiki dari hidup yang akan datang. Jadi sudah sejak di dunia ini kita mengalami prarasa surgawi. Suatu pengenalan akan Allah yang melebihi pengertian, suatu sentuhan Allah yang amat dalam, amat mesra, sentuhan yang membahagiakan, sentuhan yang mengubah, sentuhan yang menjadikan baru. Dan ini terjadi pada suatu tingkat yang sangat dalam pada hati manusia. Inilah yang disebut karunia kebijaksanaan yang tiada lain merupakan buah cintakasih. Orang akan sampai pada kebijaksanaan ini jika hatinya dipenuhi dengan cintakasih. Berkali-kali saya jumpai orang yang sangat pandai secara intelektual, tetapi tidak bijaksana. Kebijaksanaan ini merupakan buah dari cinta kasih. Di mana ada cintakasih di situ ada kebijaksanaan dan di mana ada kebijaksanaan, di situ ada cintakasih; keduanya saling melengkapi.
Karunia-karunia ini diberikan Tuhan untuk kita. Bagaimana kita harus bersikap dan bertindak? Jika suatu saat Tuhan membawa kita pada pengalaman ini, kita memang patut bersyukur untuk itu. Akan tetapi, karena pengalaman ini begitu membahagiakan maka manusia sering ingin mengenangkan kembali dan bahkan memproduksinya kembali. Kalau terjadi demikian maka ini bukan otentik melainkan hanyalah suatu usaha tiruan belaka dan tidak memberi kekuatan sebagaimana mestinya. Sama halnya dengan foto, sekalipun bunga di foto itu indah sekali, tetapi tidak ada harumnya. Oleh karena itu, janganlah berusaha menimbulkan pengalaman ini, karena bisa jadi hal lain justru yang timbul, seperti fantasi, atau hal-hal lain yang aneh-aneh.
Pertama-tama pengalaman mistik ini merupakan suatu karunia cuma-cuma yang berasal dari Allah. Namun, di pihak lain memang baik kita mengharapkan dan merindukannya. Bukan merindukan pengalaman, tetapi merindukan Dia; hasrat hati kita yang terutama adalah mencari Allah bukan karunia-karunia-Nya dan terlebih bukan pengalaman-pengalaman rohani. Dengan demikian perhatian kita lebih terarah kepada Sang Pemberi dan bukan pemberian-Nya. Orang yang begitu lekat pada pemberian-Nya, itu sama seperti seorang anak yang diberi mainan sangat bagus oleh ayahnya, langsung sibuk dengan mainannya dan lupa dengan ayahnya yang memberi. Oleh sebab itu, dalam hal ini kita harus lebih mendambakan Allah daripada segala yang diberi-Nya.
Memang kalau Allah datang, Ia tidak pernah datang dengan tangan kosong; Ia akan menyentuh kita secara mendalam. Karunia-karunia ini merupakan sarana yang mempersatukan kita secara mendalam dengan Allah, dan dapat mengobarkan api cinta di hati kita kepada-Nya. Karenanya memang pantas kita merindukannya asal tidak berusaha mereproduksi sendiri. Kita juga jangan lekat dengan hal itu, tetapi segera berpaling kepada sang pemberi agar lebih terbuka dan siap menerima karunia lain yang lebih besar. Tujuan karunia ini sebenarnya adalah menguatkan hidup teologal kita, iman, harapan, dan kasih. Satu hal yang dituntut dari kita adalah semakin peka terhadap dorongan-dorongan dan inspirasi Roh Kudus. Untuk ini kita harus berusaha semakin hari semakin lepas, memupuk kelepasan, ketidakterikatan terhadap berbagai macam hal baik barang rohani maupun jasmani. Lepaskan diri juga dari berbagai macam hiburan.
Seringkali orang berkata, “Saya tidak bisa berdoa, tidak bisa merasakan lagi ini dan itu.” Sesungguhnya doa tidak terbatas pada bidang-bidang afektif, perasaan, emosionil, tetapi jauh lebih dari itu, meluap ke bidang-bidang yang lain. Selain itu, pengalaman mistik ini jangan dikira suatu pengalaman yang menjadikan manusia pasif. Orang yang banyak ditarik dalam hidup mistik justru mempunyai suatu realisme yang luar biasa; misalnya St. Teresa dari Avila seorang mistika yang sangat besar, tetapi begitu praktis dalam banyak hal. Bukan berarti orang mistik hidup dalam dunia impian; itu sama sekali tidak benar! Bunda Maria yang hidup dalam pengalaman mistik yang sangat besar, menjalani hidup yang biasa, dan mempunyai common sense yang sangat kuat. Jadi kehidupan mistik tidak melumpuhkan segala aktivitas manusia, tetapi justru menyucikan, meluhurkan, dan membersihkan setiap tindakan kita. Pengalaman mistik ini sama sekali tidak menyebabkan orang terus memikirkan diri sendiri. Jika terjadi demikian, itu mistik palsu! Sama sekali bukan pengalaman Allah yang otentik!
Pernah suatu kali ada seseorang yang bercerita tentang pengalaman pribadinya akan sentuhan Allah yang indah-indah. Akan tetapi, buahnya dalam kehidupan sehari-hari kurang baik, ia hampir selalu sibuk dengan dirinya sendiri, sehingga keotentikan pengalamannya diragukan. Kadang-kadang orang merasa, ia tidak sadar menipu diri sendiri, dan akhirnya menipu orang lain. Setan pun senang memberikan pengalaman mistik sehingga orang mengira menemukan mutiara padahal batu kali. Pengalaman Allah yang otentik justru merupakan suatu ektase, keluar dari diri sendiri sehingga ia terarah kepada Tuhan, dan ia tidak bisa untuk terus terarah kepada Tuhan tanpa terarah kepada sesamanya.
Bagi mereka yang baru mendapatkan pengalaman pertama akan Allah ini, mungkin untuk sementara waktu bisa terjadi ia menjadi canggung dalam lingkungannya dan seolah-olah kehilangan keseimbagan. Ini bisa saja terjadi. Bagaikan seorang gadis yang pergi ke pesta dan bertemu dengan seorang pemuda dan jatuh cinta untuk pertama kalinya, ia akan bingung ketika pulang ke rumah, terserap oleh pesona sang pemuda. Ia membutuhkan waktu untuk perlahan-lahan dapat mengintegrasikan semua itu. Begitu juga orang yang pertama kali mengalami Allah sama seperti gadis yang jatuh cinta itu. Namun, kalau pengalaman ini otentik, perlahan-lahan ia akan menemukan keseimbangan lagi. Maka tak heran kadang-kadang orang itu dicap aneh. Misalnya tadinya periang jadi pendiam dan senang menyendiri, karena ia menemukan suatu dunia lain yang tidak diketahui oleh yang lain. Walaupun demikian, akan nampak imannya semakin kuat, dan cintanya pada Tuhan dan sesama makin nyata.
Sedangkan pengalaman yang palsu, bisa juga terjadi karena fantasi dan lain-lain. Oleh sebab itu, pengalaman ini harus dicek dengan melihat bagaimana kehidupan sehari-hari dari orang itu. Ada yagn sering pamer tentang pengalaman rohani yang kesannya luar biasa, padahal tdak ada isinya. Jadi semua itu harus dilihat buahnya. Orang yang sering berpura-pura selain menipu diri sendiri dan sesama, juga justru akan kehilangan permata yang berharga yang telah disediakan Allah baginya. Pengalaman mistik merupakan dorongan yang sangat kuat untuk maju di jalan Allah.
Bila karunia-karunia Roh Kudus berkembang maka hidup manusia juga akan menjadi lain. Bila pada tahap permulaan manusia penuh dengan aktivitas/usaha sendiri, lama-lama kita lihat bahwa Roh sendirilah yang akan bekerja. Bila pertama kita berusaha mendayung perahu kita, menguras habis seluruh tenaga yang ada, maka pada tahap mistik layar timbul sendiri dan perahu laju dengan dorongan angin Roh Kudus. Tidak seperti perahu yang didayung maju perlahan-lahan, dengan layar perahu laju lebih cepat dan tanpa jerih payah sama sekali. Maka semakin karunia berkembang, kemampuan untuk menangkap karunia-karunia Roh Kudus pun semakin peka. Dengan rahmat Allah, manusia bisa berkembang untuk semakin peka terhadap dorongan-dorongan dan gerak-gerak Roh Kudus, bahkan yang paling halus sekalipun. Inilah yang bisa kita harapkan bila kita berkembang dalam hidup doa.

Saturday, March 7, 2009

Arti Teologis Penyembuhan dan Pembebasan

Mulai sekitar tahun 1960 Gereja dilanda suatu krisis iman tentang realitas para malaikat dan roh jahat. Karena pengaruh para teolog liberal, a.l. Bultman dengan demitologisasinya, dan psikologi serta psikiatri non-kristen, orang membuang eksistensi para malaikat dan khususnya roh jahat. Pengaruh itu terasa hingga kini, walaupun di sana sini orang mulai menyadari realitas roh jahat itu kembali, namun pada umumnya masih banyak teolog dan imam karena pengaruh pendidikannya, membuang realitas roh jahat itu. Suatu hal yang menarik ialah kenyataan, bahwa dewasa ini justeru banyak psikolog dan psikiater, seperti di Amerika Serikat dan Perancis, yang menemukan kembali realitas roh jahat itu.

Demikian pula lama sekali orang sangat skeptis terhadap penyembuhan lewat doa-doa. Dalam Gereja Katolik pada umumnya orang tidak percaya akan kuasa penyembuhan itu. Orang mengakui bahwa memang dapat terjadi penyembuhan, namun itu hanya pada awal Gereja saja, atau oleh orang-orang khusus, seperti para kudus, tetapi bukan oleh orang-orang kristen biasa. Yang lain bahkan membuang kemungkinan penyembuhan itu, karena dipengaruhi oleh teologi liberal protestan. Namun dengan munculnya Pembaharuan Karismatik penyembuhan menjadi kenyataan dan orang berhadapan pula dengan realitas dunia kegelapan.

Karena realitas itu merupakan hal yang penting dan yang akan sering kita jumpai dalam pelayanan kita, kita akan melihat lebih dahulu realitas roh jahat itu dan kemudian juga arti penyembuhan bagi kita.

I. Realitas roh jahat

Karena Pembaharuan Karismatik suatu realitas dan pemahaman baru telah masuk ke dalam Gereja. Fakta-fakta yang terjadi dalam Pembaharuan Karismatik dengan pengalaman Roh Kudusnya yang kuat, telah membuka mata banyak orang. Lewat Pembaharuan ini orang-orang mulai menyadari kembali realitas penyembuhan karena kuasa doa dan realias roh jahat yang dapat dikalahkan karena kuasa iman. Buku-buku tentang penyembuhan dan doa pembebasan mulai bermunculan, mula-mula di kalangan orang karismatik, tetapi kemudian juga di kalangan non-karismatik.

Dewasa ini juga ada angin baru dalam teologi kontemporer. Dalam sebuah bukunya, Le demon, myth ou realite, (Setan, mitos atau kenyataan) th 1995, teolog dan mariolog terkenal, Rene Laurentin, dengan panjang lebar membahas tentang realitas setan, pengaruhnya terhadap manusia serta doa pembebasannya. Ia memberikan uraian panjang lebar tentang realitas doa pembebasan serta menimba dari tradisi-tradisi Gereja pula, di samping surveinya tentang praktek-praktek kontemporer. Demikian pula Jean Claude Sagne OP, seorang ahli moral, dalam bukunya: Sacrement de la Reconciliation et Vie Spirituelle, (Sakramen Rekonsiliasi dan Hidup Rohani), th 1995., juga membahas panjang lebar tentang doa pembebasan. Sesungguhnya ajaran tentang roh jahat merupakan ajaran konstan Gereja sejak semula hingga sekarang ini.

1.1. Ajaran Gereja

Sebenarnya sejak semula Gereja mengakui dan mengajarkan realitas roh jahat dan dewasa ini lewat para pemimpin tertingginya hal itu terus-menerus diulangi. Pada kesempatan ini hanya dibahas beberapa dokumen kontemporer saja.

Konsili Vatikan II, biarpun tidak memberikan ulasan sistematis tentang roh jahat, namun mengingatkan kita akan ajaran Kitab Suci dan Tradisi Gereja tentang roh jahat. Manusia telah tergoda oleh si Jahat sejak awal sejarah (GS 13), tetapi Tuhan menjanjikan kepadanya kemenangan atas ular itu (LG 55). Kristus telah melepaskan kita dari kuasa iblis (GS 22; AG 3,9) dan Ia telah menghancurkan kuasa di jahat (GS 2).

Paus Paulus VI dalam homilinya tgl 29 Juni 1972 mengungkapkan serangan balik si Iblis sesudah Konsili, yang telah menyebabkan keluarnya 40.000 imam dan 100.000 suster lebih serta banyak penyimpangan-penyimpangan teologis, pemberontakan, dll:



“Bagaimana semuanya itu bisa terjadi ? Seorang lawan yang kuat telah campur tangan, yaitu yang disebut iblis: makhluk misterius yang disebut Santo Petrus dalam suratnya (1 P4:8-9)... Kami percaya akan aktivitas setan yang sedang giat bekerja di dunia dewasa ini justeru dengan tujuan untuk mengacaukan, untuk merontokkan buah-buah Konsili Ekumenis.. “ (Rene Laurentin oc 229).



Kemudian dalam audiensi umum tgl 15 Nopember 1972 Paus Paulus VI mengatakan:



“Apakah yang menjadi kebutuhan terbesar Gereja dewasa ini ? Janganlah terkejut mendengar jawaban kami dan jangan menganggapnya terlalu naif, atau bahkan berbau takhyul: salah satu kebutuhan terbesar Gereja ialah perlindungan terhadap kejahatan yang disebut Iblis. Kejahatan bukanlah hanya kekurangan akan sesuatu hal, melainkan suatu kekuatan yang aktif, suatu makhluk yang hidup, yang bersifat rohani, yang sesat dan menyesatkan. Suatu realitas yang dahsyat, misterius dan mengerikan”.



Selanjutnya Paus mengatakan, bahwa menolak realitas roh jahat atau mereduksinya menjadi suatu realitas semu, atau menjadi personifikasi suatu sebab yang tidak kita ketahui, adalah bertentangan dengan ajaran Kitab Suci dan Gereja yang begitu jelas. Juga dinyatakan lebih lanjut, bahwa kita tidak hanya berhadapan dengan satu roh jahat, melainkan banyak, namun salah satunya menjadi pemimpinnya, yaitu Satan. (Rene Laurentin oc 300).

Kemudian Paus juga memberikan tanda-tanda kehadiran setan dan sarana-sarana untuk melindungi diri terhadapnya:



“Apakah ada tanda-tanda yang menunjukkan kehadiran setan ? Manakah sarana-sarana untuk melindungi diri terhadap bahaya yang mengerikan itu ? Jawaban untuk pertanyaan pertama membutuhkan banyak kebijaksanaan, biarpun tanda-tanda si Jahat seringkali tampak jelas” (oc 302).



Kemudian Paus mengatakan, bahwa kita dapat mengandaikan adanya campur tangan yang licik dan misterius dari si jahat pada kasus-kasus berikut:



· di mana orang menyangkal Allah secara radikal, subtil dan absurd

· di mana dusta yang munafik diungkapkan dengan kuat melawan kebenaran yang jelas

· di mana cintakasih dicekik oleh egoisme yang dingin dan kejam

· di mana nama Kristus menjadi obyek kebencian yang sadar dan hebat

· di mana semangat Injil dikebiri dan disangkal dalam perbuatan

· di mana orang menegaskan, bahwa keputus asaan adalah satu-satunya jalan keluar, dll.



Penggantinya, Paus Yohanes Paulus II, juga mengingatkan kita akan realitas roh-roh jahat, yang dilakukannya pada pelbagai kesempatan. Dalam Exhortatio Apostolica 2 Des 1984, Paus mengingatkan kebenaran, bahwa dunia dikuasai si Jahat. Dalam surat apostolik Parati Semper untuk tahun kaum muda, tgl 31 Maret 1985, Paus menyatakan, bahwa kita jangan takut menyebutkan nama pembuat utama kejahatan, yaitu si Jahat. Si jahat bersembunyi dalam aktivitas manusia, sehingga kejahatan yang dipompakannya sejak semula berkembang berkat manusia sendiri, sehingga akhirnya berkembang menjadi kejahatan struktural dan semakin tidak dikenali lagi sebagai suatu dosa pribadi. Akhirnya manusia dalam arti tertentu merasa dibebaskan dari dosa, tetapi sekaligus mengalami pendangkalan hidupnya (oc 303).



1.2. Ajaran Kitab Suci tentang roh jahat



Kalau kita membuka Kitab Suci, banyak sekali rujukan tentang setan yang kita jumpai dalam Kitab Suci, baik dalam Perjanjian Lama maupun dalam Perjanjian Batu, tetapi secara istimewa dalam Perjanjian Baru.



Perjanjian Lama

-Kej 3 (iblis, dalam rupa ular, menggoda Hawa).

-Im 17:7 mempersembahkan kurban kepada jin-jin

-Ul 32:17 mempersembahkan kurban kepada roh-roh jahat

-1 Raja 22:19-23 roh pendusta memperdaya Ahab dan para nabi palsunya untuk peperangan yang menyebabkan kebinasaannya sendiri.

-Keb 2:23-24 Allah menciptakan manusia untuk kebakaan. Tetapi karena dengki setan maka maut masuk ke dunia



Perjanjian Baru

Mrk 1:34 : Yesus menyembuhkan banyak orang dan mengusir banyak setan

Mrk 3: 11-12 Yesus mengusir banyak setan

Mat 12:22 : orang kerasukan setan dan menjadi buta dan bisu



Pengutusan para murid:

Mrk 3:15: para rasul diberi kuasa untuk mengusir setan

Mrk 6:7.13 Yesus mengutus 12 murid dan memberi kuasa untuk mengusir setan. Hal yang sama kita jumpai dalam Lk 9:1; Mat 10:1.8



Kalau kita bandingkan antara Mrk 7:31-37 dengan Mrk 9;17-18 jelas terlihat, bahwa pengarang suci dengan jelas membedakan antara orang yang kerasukan setan (Mrk 9:17-19) dengan orang yang hanya sakit biasa (Mrk 7: 31-37). Pada yang kerasukan Yesus dengan tegas mengusir setan itu dan pada yang sakit biasa, Ia tidak mengusir setan, melainkan menyembuhkannya secara biasa.

Kecuali itu dalam pengutusan para murid Yesus dengan jelas membedakan kuasa untuk mengusir setan dan kuasa untuk menyembuhkan orang sakit:



Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan…. Pergilah beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan.” (Mat 10: 1.7-8).



1 P 5:8 iblis mengaum-aum seperti singa hendak menelan mangsanya.

Ef 6: 10-12 persenjataan rohani melawan roh-roh jahat



Roh mencari tempat istirahat/merasuki orang:

Mat 12:43-45: roh jahat keluar dari manusia dan kemudian kembali lagi dengan 7 roh jahat lainnya.

Mat 8: 28-32 “pasukan” roh keluar dari manusia dan merasuki babi-babi (bdk juga Mrk 5:2-13; Luk 8:27-33).



1.3. Siapakah roh-roh jahat itu ?



Roh jahat adalah:

· malaikat yang memberontak terhadap Allah, menolak Allah secara definitif. Yes 14:12-15 dalam tradisi biasanya dikenakan pada malaikat agung, Lucifer, pembawa cahaya, yang memberontak dan karenanya menjadi iblis.

· Ada macam-macam roh jahat dan pengaruhnya juga macam-macam sesuai dengan tingkatan-tingkatannya (bdk Ef 6:12).

· Roh-roh ini punya pengaruh terhadap manusia dan mengganggu manusia, bahkan keinginannya hanya satu: menghancurkan manusia (1 P 5:8). Karena itu kita harus memakai seluruh persenjataan Allah untuk melawannya (Ef 6:13).

· Kristus telah mengalahkan kuasa-kuasa ini: Yoh 12:31 Penguasa dunia ini akan dicampakkan; Ibr 2:14 Putera Allah menjadi manusia ialah untuk mengalahkan si Iblis.

· Orang-orang kristen awali sering memakai kuasa Roh Kudus untuk mengusir roh-roh jahat ini, Mrk 16:17. Kemudian hari terjadilah tahbisan eksorsis, yaitu petugas untuk mengusir setan.



II. Karya Penyelamatan Yesus: penyelamatan manusia secara total.

2.1. Yesus Pembawa Kabar Gembira

Ketika Yesus memulai karyaNya di depan khalayak ramai, Ia mulai mewartakan Kabar Gembira, Kabar Keselamatan. Dalam Injil Lukas para malaekat mewartakan kelahiran Yesus sebagai suatu kabar kesukaan besar, Kabar Gembira : “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus Tuhan di kota Daud (Luk 2:10-11). Dan Markus memulai Injilnya dengan kata-kata berikut: “Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah (Mrk 1:1). Yesus sendiri memulai pewartaan-Nya dengan mengajak orang bertobat dan percaya kepada Injil: “Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil” (Mrk 1:15). Fokusnya di sini ialah pewartaan Injil, Eu-anggelion, Kabar Baik, atau Kabar Gembira.

Tujuan pewartaan Yesus bukan lain supaya orang bertobat dan percaya kepada perutusan-Nya dan akhirnya percaya kepada Dia sebagai Sang Penyelamat. Tugas pewartaan Injil ini merupakan suatu tugas utama bagi para murid. Para murid harus mewartakan Injil kepada semua manusia dan memberikan kesaksian tentang Yesus Kristus. “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan bapitslah mereka dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus” (Mat 28:19). “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk” (Mrk 16:15). “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi” (Kis 1:8).

Kepercayaan kepada Yesus merupakan hal yang amat penting, hal yang menentukan sekali, soal hidup atau mati, seperti yang diungkapkan dengan jelas dalam Mrk 16:15-16: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum”. Dalam Injil Yohanes hal itu menjadi lebih jelas dan tegas lagi. Iman akan Yesus akan menentukan nasib seseorang dan itu diungkapkan berkali-kali: “Siapa yang percaya kepada-Nya tidak akan binasa, tetapi akan memperoleh hidup yang kekal” (Yoh 3:14.16.36). Kalau orang yang percaya akan memperoleh hidup yang kekal, sebaliknya mereka yang tidak percaya sudah terhukum (Yoh 3:18.36).





2.2. Yesus menyembuhkan dan membebaskan

Sudah kita lihat, bagaimana Yesus pertama-tama datang membawakan Injil. Sekaligus harus dikatakan, bahwa pewartaan-Nya tidak dapat dilepaskan dari karya penyembuhan dan pengusiran setan. Bahkan pengusiran setan merupakan tanda kehadiran Kerajaan Allah. Kalau kita meneliti pelayanan Yesus semasa hidupNya di dunia ini, dapat kita saksikan, bahwa penyembuhan dan pembebasan merupakan bagian integral dari pelayananNya. Di manapun Ia mewartakan, Ia juga sekaligus menyembuhkan orang sakit dan membebaskan mereka dari kuasa iblis. Dalam Luk. 7:21-22 dinyatakan, bahwa dari penyembuhan serta pengusiran setan dan mujizat yang dilakukanNya orang harus mengetahui, bahwa Ia adalah Messias. Selanjutnya dari beberapa teks berikut nyata pula, bahwa karya penyembuhan tidak bisa dilepaskan dari karya pewartaan Yesus :



Mat 4:23s Yesus berkeliling seluruh Galilea, mengajar, memberitakan kerajaan Allah dan melenyapkan segala penyakit dan kelemahan dan orang-orang yang kerasukan setan.

Mat 8 + 9 Dalam kedua bab ini Matius sebagian besar hanya ceritera tentang pe-nyembuhan dan pembebasan saja. Dalam bab-bab berikutnya juga ter-dapat banyak ceritera tentang penyembuhan.

Mat 15:30 Orang berbondong-bondong membawa orang yang lumpuh, timpang, orang buta, bisu dan banyak lagi yang lain ... dan Ia menyembuhkan mereka semua.

Mat 12:28 kenyataan bahwa Yesus mengusir setan dengan kuasa Roh Allah menjadi tanda, bahwa Kerajaan Allah sudah datang.

Dari uraian di atas dapatlah disimpulkan, bahwa penyembuhan dan pengusiran setan tidak dapat dilepaskan dari pelayanan Yesus dan merupakan bagian integral dari pelayanan-Nya. Di mana Yesus mewartakan Injil, di situ pula Ia menyembuhkan orang sakit dan membebaskan orang-orang yang diganggu roh jahat.

2.3. Gereja Melanjutkan Karya Yesus

Pelayanan Yesus tidak terhenti dengan wafat-Nya. Dalam arti yang sebenar-benarnya pelayanan Yesus baru berkembang penuh sesudah wafat-Nya, khususnya sesudah pencurahan Roh Kudus. Dalam diri para murid-Nya Yesus melanjutkan dan menyempurnakan pelayanan-Nya. Sewaktu Yesus mengutus para murid untuk mewartakan Injil, Ia sekaligus juga memberikan kepada mereka tugas untuk menyembuhkan serta mengusir setan dan untuk itu Ia memberikan kuasa kepada mereka untuk menyembuhkan orang sakit dan mengusir setan- setan.



Mat 10:1 Yesus memberi kuasa kepada para murid untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan.

Mat 10:7-8 “Pergi dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan”. Hal yang sama kita jumpai pula dalam paralelnya pada Markus dan Lukas.



Dalam Perjamuan Akhir Yesus juga menyatakan dengan resmi, bahwa bila mereka percaya, mereka juga akan melakukan segala pekerjaan yang dilakukannya sendiri, bahkan lebih besar daripada itu (Yoh. 14:12). Dan pada akhir Injil Markus Yesus memberikan kuasa kepada semua orang percaya untuk mengadakan pelbagai macam tanda, a.l. mengusir setan demi namanya dan menyembuhkan orang sakit (Mrk. 16:17-19). Ini terlaksana secara nyata dalam pelayanan para murid, a.l. dalam pelayanan Filipus di Samaria, Kis 8, Petrus, Paulus dan para murid lainnya.



Karena itu dengan sebenar-benarnya dapat kita katakan, bahwa sebagaimana dalam pelayanan Yesus pribadi, demikian pula dalam pelayanan Gereja, Tubuh Mistik-Nya, penyembuhan dan pembebasan dari kuasa setan adalah bagian integral dari misi Gereja yang diterima-Nya dari Yesus sendiri.



III. Arti Kristiani Penyembuhan

3.1. Yesus datang menyelamatkan manusia

Tujuan kedatangan Tuhan Yesus pertama-tama bukanlah untuk penyembuhan fisik, melainkan untuk menyelamatkan manusia lewat iman. Penyelamatan pertama-tama berarti memiliki hidup kekal: “Demikian besarlah kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Yoh 3:16). Hidup yang kekal itu intinya ialah pengenalan akan Allah: “Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang Engkau utus” (Yoh 17:3). Mengenal di sini pertama-tama berarti memasuki hubungan pribadi dengan Allah sendiri, memasuki persekutuan hidup dengan Dia, memasuki aliran hidup yang mengalir dari Bapa kepada Putera dalamRoh Kudus dan kembali lagi kepada Bapa dalam Roh yang sama. Kita diikut sertakan dalam aliran hidup itu dan kita mengambil bagian di dalamnya. Karena itu oleh Roh yang sama itu kita dijadikan anak-anak Allah sendiri, sehingga kita dapat menyebut Allah dengan sebutan Abba, Bapa. “Oleh Roh itu kita berseru: ya Abba, ya Bapa” (Rom 8:15).

Diselamatkan juga berarti dibebaskan dari cengkeraman iblis dan kuasa kegelapan dan masuk ke dalam Kerajaan Terang, Kerajaan Allah :“Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih; di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa” (Kol 1:13-14). Jadi konsekuensi dari memiliki hidup kekal ialah mendapat pengampunan dosa, dilepaskan dari kuasa dosa, kuasa maut dan kuasa kegelapan, serta hidup dalam terang Allah.



3.2. Penyembuhan: tanda kehadiran dan keterlibatan Allah

Bagi seorang Kristen penyembuhan tidak berhenti pada penyembuhan fisik, walaupun itu yang paling menyolok dan segera dapat diamati. Juga penyembuhan fisik bukanlah yang terpenting atau paling utama, sebab hidup fisik kita bukan yang paling berharga. Tujuan Yesus menyembuhkan juga bukan semata-mata penyembuhan fisik, sebab mereka-mereka yang disembuhkan Yesus, bahkan yang dibangkitkan-Nya, akhirnya semuanya mati lagi. Bahkan dalam pengajaran-Nya Yesus menekankan, bahwa bila perlu kita harus berani menyerahkan hidup kita demi mempertahankan iman kita demi kesetiaan kepada Allah dan Ia menyebutkan mereka yang dianiaya dan dibunuh demi Yesus sebagai orang-orang yang berbahagia (Mat 5:11-12). Yesus sendiri juga memberi teladan, yaitu dengan tidak menghindar dari kematian jasmani di salib demi penyelamatan kita. Karena itu penyembuhan yang utama ialah penyembuhan jiwa kita, keselamatan kekal kita, pendamaian kita dengan Allah, pengampunan dosa-dosa kita. Tujuan kedatangan Yesus ke dunia bukan lain daripada membawa kita kepada penge-nalan Allah yang menyelamatkan, membawa kita kepada persatuan transforman dengan Allah yang mengubah dan mengillahikan kita.

Kalau demikian halnya, di mana tempat penyembuhan dalam kerangka tujuan tersebut ? Seperti sudah kita lihat di atas, penyembuhan merupakan bagian integral dari karya Yesus di dunia, namun juga tidak dapat disangkal, bahwa ketika Yesus berada di dunia ini, tidak semua orang sakit disembuhkan-Nya dan mereka yang disembuhkanpun akhirnya mati juga. Oleh karena itu penyembuhan-penyembuhan itu merupakan tanda bagi kita, supaya kita percaya kepada-Nya dan bertobat. Karena itu percaya kepada Yesus jauh lebih penting daripada penyembuhan, bahkan penyembuhan dan mujizat yang tidak menghasilkan iman dan pertobatan, adalah sia-sia. Itulah sebabnya Yesus mengecam keras sekali beberapa kota yang telah begitu banyak menyaksikan penyembuhan dan mujizat yang dilakukan Yesus, namun tidak juga bertobat, seperti Khorazim, Betsaida dan Kapernaum (bdk Mat 11:20-24). Karena itu tujuan segala mujizat dan tanda yang dilakukan Yesus ialah agar supaya kita percaya kepada-Nya. Demikian pula bila dewasa ini Gereja melanjutkan karya-karya pewartaan Yesus dengan disertai tanda-tanda, tujuannya bukan lain daripada supaya barang siapa mendengar Injil menjadi percaya. Untuk mempermudah orang percaya itulah mujizat-mujizat diadakan.



“Masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam Kitab ini, tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Messias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya” (Yoh 20:30-31).



Lewat penyembuhan dan mujizat-mujizat itu Tuhan ingin menyatakan kepada kita, betapa Ia mengasihi kita, memperhatikan kita, memelihara kita dan supaya dengan demikian kita semakin percaya kepada-Nya dan semakin mengasihi Dia. Melalui semua sentuhan dan jamahan itu seolah-olah Tuhan mau berkata: “Lihatlah, betapa Aku mengasihi engkau dan memperhatikan engkau”. Karena itu semuanya tadi adalah tanda perhatian, kepedulian dan penyertaan Tuhan kepada kita, yang menyertai kita tidak hanya dalam soal penyembuhan, melainkan juga dalam soal-soal lain. Itu tadi semua benar bagi orang-orang yang beriman.

Bagi orang-orang yang sedang mencari Allah, penyembuhan dan mujizat meru-pakan tanda yang amat jelas akan kehadiran Allah di tengah kita. Pewartaan yang disertai dengan penyembuhan akan memiliki kredibilitas yang tinggi, sehingga orang lebih mudah menerima Kabar Gembira. Di samping itu penyembuhan dan mujizat juga menyingkirkan hambatan dan halangan kepada iman dalam diri orang yang menyaksi-kannya. Dengan menyaksikan suatu penyembuhan besar yang terjadi orang akan berkata: “Sungguh, Allahmu adalah Allah yang hidup”.
Take, Lord,
and receive all my liberty,
my memory, my understanding
and my entire will,
all that I have and possess.

You have given all to me,
to You, Lord, I return it.

All is yours;
do with it what you will.

Give me only your love
and your grace,
that is enough for me.

(From the Spiritual Exercises of St Ignatius of Loyola)

Sunday, March 1, 2009


Di tengah-tengah sebuah misteri ...

Kehidupan telah menempatkan aku di tengah-tengah misteri.
Kehidupan tampaknya seolah-olah di luar batas-batas apa yang dapat kumengerti.
Namun aku terbangun dan melihat ke sekelilingku dan mendengar, seperti sebuah suara berkata, “Carilah maka engkau akan menemukan. Mintalah maka engkau akan menerima. Ketuklah maka akan dibukakan bagimu.”
Oleh sebab itu aku mencari dan aku menemukan.
Tetapi apa yang kutemukan adalah sesuatu yang harus kucari lebih banyak lagi.
Aku mengetuk dan pintu-pintu terbuka.
Tetapi setiap pintu yang terbuka membawa aku ke pertanyaan berikutnya.
Oleh karena itu aku melihat bahwa dalam mencari aku menemukan, dan dalam meminta aku akan menerima.
Karena arti dari misteri yang kuhadapi-pada titik di mana aku masih dapat menangkapnya-terdapat dalam pencarian dan pertanyaanya.
Kehidupan telah memberiku pikiran untuk meminta dan roh untuk mencari dan tangan untuk mengetuk pintu-pintunya.
Namun sebanyak yang kulihat dengan jelas ini – misterinya bukanlah misteri karena tidak mengandung arti tetapi justru karena penuh arti. Bukan karena segalanya memiliki sangat sedikit arti, tetapi justru karena mempunyai sedemikian banyak arti sehingga aku tidak dapat menangkap artinya …